Selasa, 17 Mei 2011

MENGUNCI FOLDER DAN DRIVE USB TANPA MENGGUNAKAN SOFTWARE

Saat ini Flash Disk sudah banyak sekali digunakan oleh orang untuk menyimpan data-data hasil pengolahan di computer. Jika komputer anda mempunyai banyak sekali data penting dan anda paling malas jika orang lain bisa dengan sembarangan mengcopy file atau data-data penting dengan flashdisk, langkah yang tepat untuk mengatasi kondisi tersebut adalah mengunci folder atau drive. Sebenarnya ada beberapa tool atau software yang bisa dipergunakan untuk mengunci drive tersebut. Namun kali ini yang akan anda lakukan adalah mengunci folder dan drive USB tanpa menggunakan software atau istilahnya adalah tweak registry yang ada di komputer.

Untuk mengunci folder dan drive USB tanpa menggunakan software, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Klik MENU START dan pilih RUN
  2. Pada kotak dialog ketikkan perintah regedit, kemudian klik OK
  3. Setelah masuk ke dalan jendela registry, cari alamat : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Current ControlSet\Control\StorageDevicePolicies.
  4. Jika Folder StorageDevicePolicies belum ada di dalam registry, anda bisa membuatnya dengan cara klik folder Control kemudian klik kanan dan pilih New > Key dan selanjutnya ketik StorageDevicePolicies.
  5. Buat DWORD Value, caranya klik Folder StorageDevicePolicies kemudian klik kanan > New > DWORD Value dan beri nama WriteProtect. Kemudian klik ganda pada WriteProtect dan beri nilai 1 pada value data.
  6. Kemudian Restart komputer anda dan sekarang data-data anda yang ada di komputer akan lebih aman dan tidak bisa dicopy dengan sembarangan.
  7. Kalau ada pengguna komputer lain yang mau mengcopy akan keluar peringatan seperti pada gambar berikut ini :
  8. Untuk mengembalikan komputer ke kondisi awal, ganti pada value data pada WriterProtect menjadi angka 0.
  9. Beberapa cara lain yaitu dengan menghidden atau super hidden pada folder/file yang ingin anda proteksi. Atau dengan cara membatasi hak akses pada folder/file yang anda inginkan, caranya pada jendela file explorer klik Tools > Folder Options > Properties > View hilangkan tanda centang pada menu use simple file sharing (Recommended) kemudian klik OK. Klik pada folder yang ingin anda proteksi dengan cara klik kanan, kemudian pilih Properties > Security, beri tanda centang di bawah menu Deny kemudian klik OK.

0 Reaksi:


LEARN HACKING © 2008. Free Blogspot Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute